Jumat, 14 Januari 2011

Kemunduran Prestasi Olah Raga Indonesia

by : Arif Fajar Kurniawan ( FINALIS EDU REPORTER ONLINE 2009 TINGKAT NASIONAL) FROM SISWA XI-IPA 2 2009/2010 SMA MUHAMMADIYAH 1 PALANGKARAYA

Prestasi Olah Raga Indonesia beberapa tahun ini sungguh memprihatinkan, karena jarang sekali mendapat gelar atau juara yang dihasilkan oleh atlet-atlet Indonesia di kancah Internasional bahkan di level Asia Tenggara sekalipun. Gelar Thomas Cup yang terakhir kita rebut tahun 2002 tidak pernah kita dapatkan lagi, bahkan masuk final pun luar biasa sulitnya. Peringkat kita di Pesta Olah Raga Sea Games (Asia Tenggara), Asian Games (Asia) ,dan Olympiade sudah jauh ditinggalkan Thailand, Malaysia, Singapore ,bahkan Vietnam.

Prestasi olahraga nasional tidak mungkin dapat maju tanpa adanya fondasi yang kokoh, karena prestasi olahraga tidak dapat terbentuk secara tiba-tiba dan instan. Prestasi harus dibangun melalui proses pembinaan dan pengembangan yang terencana, berjenjang dan berkelanjutan dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan.

Perhatian Pemerintah kepada olahraga hanya bersifat seremonial belaka, misalnya menonton pertandingan, melepas dan menyambut atlet, memberikan hadiah uang, peresmian ,dan lain-lain. Padahal bukan itu yang dapat mengangkat prestasi olahraga suatu bangsa tetapi perhatian dalam bentuk pembinaan dari usia kecil hingga menjaga atlet berprestasi untuk tetap berprestasi hingga terbentuk atllet-atlet yang baru untuk meraih prestasi serta menjaring atlet-atlet yang berasal dari daerah-daerah mulai dari tingkat desa hingga tingkat provinsi.

Dalam upaya memajukan dan mengembalikan kejayaan olahraga Indonesia, khususnya guna meningkatkan perolehan medali emas pada Sea Games ke-25 tahun 2009 di Laos, Asian Games ke-16 2010 di China, dan merebut juara umum Sea Games ke-26 tahun 2011 di Indonesia, serta meningkatkan partisipasi dan perolehan medali pada Olimpiade 2012 di London, Pemerintah Indonesia akan melaksanakan Program Atlet Andalan. Program ini akan membina secara intensif dan berjenjang para atlet berprestasi yang terdiri dari 43 orang Squad Utama, 98 orang Squad Pratama dan 100 orang Squad yunior selama 5 tahun.

Dalam Rangka peringatan Hari Olahraga Nasional yang ke-26 yang bertepatan pada tanggal 9 September 2009, saya sangat mengharapkan agar prestasi Olahraga Indonesia dapat mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya yang mengalami kemunduran.

artikel yg saya buat ini telah membuat saya lolos ke final lomba edu reporter online 2009 Tingkat Nasional

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Komentar dibawah ini dan jangan komentar spam karena akan kami hapus. Terimakasih